Breaking News

Monday, March 21, 2016

Apa itu RECOVERY Mode pada Android


Mungkin bagi anda pengguna Smartphone Android , akan kebingungan dan bertanya – tanya apa itu Recovery Mode pada Android .
            Recovery jika diterjemahkan berarti mengembalikan , Nah fungsinya  jika dilihat dari Terjemahannya saja sudah sedikit terbayang . Namun mengembalikan apa ? Oke , penjelasannya menurut saya “Recovery mode pada android adalah sebuah Program , seperti sistem operasi namun fungsinya terbatas (hanya untuk melakukan Flashing Sistem Operasi , Backup Sistem Operasi , Restore Sistem Operasi , dan Wiping Data (Include Data User , Cache , dan Dalvik Cache))” .
            Namun seiring dengan berkembangnya Developer , karena Android merupakan sistem operasi terbuka maka fitur pada Recovery Mode ini ditambahkan , Menurut yang saya ketahui , bisa melakukan Partisi , menginstal OS (ROM) via ADB (Android Debug Bridge) .
            Pada Dasarnya Recovery bawaan hanya menyediakan untuk melakukan Wipe Data saja , itupun pada kebanyakan Device oleh Vendor nya tidak bisa dioperasikan (Hanya vendor Samsung yang saya ketahui bisa mengoprasikan Recovery untuk Flash update.zip , Wipe oleh user) .
            Untuk itu oleh Developer , terciptalah Custom Recovery (untuk Device masing – masing) dan Custom Recovery tsb bisa melakukan hal yang saya tadi sebutkan diatas (Walaupun tidak semua karena tergantung dari Fitur yang ditambahkan oleh Developernya) .
            Pastikan jika anda akan menginstal Custom Recovery pada Android anda gunakan yang dianjurkan untuk Device anda , JANGAN SAMPAI ASAL INSTAL !!! . Karena dapat menyebabkan timbulnya masalah pada Device / Smartphone Android anda ..

Mungkin itulah pengetahuan saya mengenai , RECOVERY MODE PADA ANDROID . Anda bisa menambah Referensi dari Sumber lainnya :)


Thanks :)

No comments:

Post a Comment



style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6387353389340286"
data-ad-slot="4138708452"
data-ad-format="auto">

Popular Posts

Designed By Published.. Blogger Templates